Kamis, 19 April 2012

bisnis dan lingkungannya

apakah wirausahaan itu? itu adalah suatu kegiatan seseorang yang menemukan ide atau inovasi baru untuk menjadi suatu pekerjaan, dan menghasilkan keuntungan, kalau masih dalam bentuk kecil, biasanya dikerjakan sendiri, tapi kalau sudah tahap menengah atau besar, dibutuhkan beberapa pegawai untuk membantu.
disinilah mulai dikenal entrepreneurship, apa sih itu? yah sama kewirausahaan, hanya istilah keren dalam bentuk bahasa inggris, dan itu bukan hanya istilah, namanya aja usaha sendiri, pastinya mandiri, terutama untuk mengawali kegiatan usaha, bagaimana melahirkan entrepreneurship? pertama kemauan atau niat, yang kedua dorongan dari lingkungan, terakhir, yaitu ketiga adanya pelatihan, gak sembarangan untuk membuka usaha, jadi harus tahu dan punya pengalaman.
bisnis pasti berhubungan dengan kewirausahaan yang sekarang menjadi entrepreneurship, sedangkan bisnis itu artinya apa ya? artinya sama mencari keuntungan tapi siapa? tentunya seseorang maupun badan hukum tertentu, namun pastinya menghasilkan barang maupun jasa, terus ada apa saja dalam bisnis? mari kita selidiki dari lingkungannya, lingkungan bisnis terbagi menjadi 2, pertama internal terdiri dari, karyawan yang sebagai pekerja harus bertanggung jawab atas tugas maupun fungsinya, jadi kinerja perusahaan tergantung mereka, kedua manajemen, yang mengatur dan memberi keputusan, yang mengangkat maupun memberhentikan karyawan, bertanggung jawab pada pemilik, dan sebagai wakil dari perusahaan terhadap pihak eksternal luar perusahaan terutama yang internasional, itu semua tugas dan fungsi manajemen, dan yang ketiga pemilik, ini adalah tugas mereka memiliki modal dan memberi modal, yang punya ide dan menuangkannya dalam bentuk bisnis dan siap menerima segala resiko. berat juga sih, namun masih ada satu lagi yaitu lingkungan kerja di perusahaan atau industri, mungkin sarananya, suasana kerja dsb.
setelah itu lingkungan eksternal yang terbagi menjadi 2 yaitu lingkungan khusus dan umum, untuk yang khusus terdiri dari konsumen, konsumen merupakan aspek penting dalam bisnis, maju mundurnya perusahaan tergantung banyaknya konsumen yang dimiliki dan menjadi pelanggan, sedangkan yang kedua pemasok, pihak ini yang menyediakan berbagai hal yang tidak kita miliki, misal berbagai bahan mentah maupun berbagai barang tambahan, sedangkan yang ketiga pesaing, pihak ini sebagai pengukur daya saing barang atau jasa yang kita miliki apakah berkualitas atau kurang berkualitas.
lalu untuk lingkungan umum, terdiri dari lingkungan industri banyak hal dalam industri dari persaingan industri dan berbagai hal seperti lingkungan kerja di dalam industri itu sendiri, atau juga peraturan kerjanya, lalu lingkungan ekonomi, dari lingkungan ekonomi banyak hal yang bisa dipelajari dari faktor ekonomi makro yang mempengaruhi, misal tingkat suku bunga, pertumbuhan ekonomi( dari pengangguran dan pdb juga diperhatikan), terus sampai ke inflasi yang sangat mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi,lalu berlajut ke lingkungan global, lingkungan ini berhubungan dengan pihak internasional atau perusahaan asing, sehingga banyak hal yang dimasukkan pihak asing untuk mempengaruhi jenis bisnisnya dari paham politik, kapitalis atau liberalis, komunis, dan resiko politik dsb saya kira cukup sekian dari saya, terima kasih mau membaca.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar